Sabtu, 12 November 2011

Belajar Musik

1.       Belajar
Gunakan mbah google sebagai guru anda yang paling sakti. Selama saya belajar gitar,si mbah google adalah guru terbaik...dari mulai scale,tab,cara baca not balok dll semu dapat ditanyakan ama simbah yang satu ini
2.        Latihan
Selalu lakukan latihan rutin. Kalo bisa dibikin minimal 2 jam perhari. 2 Jam bisa dipikin pola sendiri ...kalo gw 1 jam gw pake buat belajar skill ....30 menit left hand practice (vibrato,legato,fingering dll) 30 menit buat right hand practice alias picking. Trus 30 menit buat theory (scale,modes dll) and 30 menit lagi buat ngulik lagu.
             3.   Disiplin
                        JAngan malas !! Tetapkan waktu buat latian rutin and belajar step by step..

make sure anda menguasai betul apa yang sedang dipelajari sebelum mempelajari materi lain yang lebih susah..

 

langkah pertama harus ngelupain pola do re mi yg selama ini dipelajarin..

kenapa harus dilupain? soalnya rata2 gitaris belajar diatonic atau major scale berdasar pola.. ngapalin jari larinya kemana aja, saya gak bilang ini salah.. kalo mau cara instant silahkan aja nah fungsi dari ngelupain pola ini supaya kita lebih tau not apa aja yang kita mainin sebenernya.. tau biar apa? biar kita bisa mainin dan ngembangin lagi dalam permainan kita..


satu yg saya tangkep dari beberapa musisi waktu saya bilang untuk lupain pola.. "SUSAH"

karena udah terbiasa sama pola makanya kalo disuruh main kaya di fret mana juga pasti bisa, tapi kalo disuruh nyebutin langsung ngeja deh mainnya

nah karena untuk sebutin not udah pada bisa kalo ngeja, jadi kita rubah caranya.. dengan mainin pola scale yg berbeda2 sambil nyebut interval dan not.. tujuannya untuk menghapal letak nada


cara kedua yg lebih efektif adalah dengan membaca, yup bener bgt baca not balok atau musical sheets

hubungan sama improve? hubungannya dengan membaca not balok kita jadi tau not apa aja yg kita mainin.. dengan mengerti not yg kita mainin, untuk ngelanjutin ke lesson selanjutnya akan lebih mudah..

jangan melulu berpatokan pada pola scale, nanti buntu dan jangan melulu berpatokan sama not balok, nanti jadi robot

cara paling efektif ya menghapalkan nada demi nada dalam tiap scale yang kita mainin.. emg susah dan banyak bgt, tapi ada cara bikin gampangnya.. hapalin aja intervalnya inget, interval bukan pola..

tapi kan pasti kebentuk pola nantinya kalo latian, nah cara latian kita rubah dlu ya.. mulai sekarang coba belajar major scale cuma dengan 1senar, main pentatonic cuma dengan 1senar.. susah, ribet dan sebagainya? BELAJAR!!


cara begini gak asik.. saya cuma mau belajar buat fun aja kok.. semua juga belajar buat fun, belajar biar bisa senang2.. orang kuliah susah2 biar ujungnya bisa senang2 dan gampang pas kerja


kalo gak bisa nikmatin proses belajarnya, mending stop belajar aja.. beres kan?



semoga membantu
Tergantung anda. Kalo ga disiplin dan ga latian di rumah, tentu kemajuannya ga signifikan, ujung2nya cuma buang2 uang aja.
Sebenernya kursus itu hanya sarana membuka ide. Latihan yang sebenernya ya di rumah. Makanya menurut ane, kursus musik yang hanya setengah jam sekali pertemuan, dan 4x sebulan itu sebenernya uda cukup.
Guru cuma mengarahkan dan memberi ide, sisanya kita yang harus mengembangkannya di rumah.

Keliatan kok, yang rajin latian sama yang latian pas di kursus doang.
Kasarnya gini: kursus itu cuma mengarahkan kita untuk belajar dan latihan dengan benar. Orang yang otodidak juga bisa lebih jago dr yang kursus, tapi mereka kurang terarah (mungkin dr masalah teori, dsb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar