Rabu, 30 November 2011

Panduan Belajar Membaca Not Balok atau Notasi Balok

Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam :
  • Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
  • Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
  • Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.


Musik menurut “Aristoteles” mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Musik adalah suatu hal yang  mendasar dalam kehidupan manusia, sebab musik merupakan suatu wujud dari kemampuan menghayati dan berfikir  manusia terhadap bunyi atau suara yang harmonis .
Musik sebagai salah satu cabang dari kesenian, adalah suatu hasil karya seni bunyi yang berupa lagu atau komposisi musik, yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik, yaitu : Irama, melodi, harmoni, bentuk / struktur lagu dan ekspresi.

Tidak dapat disangkal lagi, dunia disekitar kita dipenuhi oleh musik. Saat ini musik sudah menjadi bagian dalam kehidupan seseorang. Selain itu, pakar pendidikan berpendapat bahwa musik mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan anak. Bila anak terlibat dalam musik, selain dapat mengembangkan kreatifitas mereka, musik juga dapat membantu perkembangan individu anak, mengembangkan sensitivitas anak, membangun rasa keindahan anak, membuat anak dapat mengungkapkan ekspresi, memberikan tantangan, melatih disiplin dan mengenalkan pada anak sejarah budaya bangsa.

Banyak orang berfikiran bahwa membaca notasi musik (not balok khususnya) sangatlah "sulit", padahal sebenarnya "tidak", karena membaca dan memahami notasi dan gambar not balok itu tidaklah sesulit yang dibayangkan (http://gitarchordshack.blogspot.com/2010/08/lancar-membaca-not-balok.html ) . Memang dibutuhkan ketekunan dan latihan yang intensif (Kiat Lancar Baca Not Balok). Saat anda sudah bisa menguasai  dasarnya, apakah itu musik lagu klasik, rock, hip hop, techno, reggae bahkan musik jazz sekalipun, anda akan heran dan kagum pada diri anda sendiri, karena pada suatu saat akhirnya anda mahir membaca not balok. Not Balok ditulis dengan cara yang sama secara Internasional.
Niat dan ketekunan adalah modal dasar untuk dapat trampil didalam membaca not balok ini.

Di Indonesia pada umumnya orang-orang lebih senang dengan not angka karena lebih mudah dicerna, padahal penulisan dalam not angka sangat lah terbatas dan kurang fleksibel, lain halnya dengan Not Balok (Musical Scores) yang punya simbol-simbol dan tanda nada yang sangat lengkap baik digunakan sebagai referensi kelompok paduan suara maupun bagi kelompok musisi yang menggunakan instrumen (orkestra).

Baiklah sobat mari kita mulai saja teori kita untuk belajar membaca not balok :

1. NAMA NOT DAN BARIS BIRAMA (CLEF)

    Di dalam musik modern ada sejumlah not-not yang sudah kita kenal dengan baik yaitu :     C,  D, E , F, G, A, B, C , 8 not di dalam susunan tadi ( dari "C" ke "C") disebut 1 oktaf (Octave).

Warna suara (tinggi & rendah) pada penulisannya dapat dikategorikan dari suara Bass (nada rendah) sampai ke nada Soprano (nada tinggi), nah didalam penulisan diagram notasinya pada garis birama (clef) dibedakan menjadi 2 yakni Bass dan Treble (gambar).



Gambar Garis Birama 












Notasi balok adalah notasi yang berbentuk bulat telur yang terdapat tangkai dan bendera not yang mempunyai nilai tertentu dan diletakan pada balok nada.

Contoh Not Balok


2. MEMBACA NOTASI BALOK


Notasi balok terdiri dari ber macam-macam irama, setiap bentuk notasi memiliki durasi atau panjang pendeknya bunyi,  dan tanda diam seperti terlihat pada diagram dibawah ini :







Menulis Not Balok dengan Crescendo Music Notation Editor

Crescendo Music Notation Editor
 
 

Menumpahkan ilham dalam suatu  karya dalam yang berbentuk partitur (not balok) adalah  cara yang selalu dilakukan oleh para seorang pencipta lagu (komposer) musik klasik ternama pada zamannya. Karena Not Balok (Partitur)  bersifat Univesal, mudah dipelajari serta mudah untuk dimainkan pada setiap instrumen musik.

Akan tetapi record partitur musik jika diarsip dalam bentuk hardcopy (kertas dsb) lebih  beresiko rusak atau hilang. Pengerjaan atau pengeditan partitur secara manual akan menghamburkan kertas lagipula  tampilannya kurang rapi akibat coretan disana-sini. Jauh lebih praktis dan efisien jika partitur musik dibuat dan diedit dalam format digital.

Maka dari itulah kita membutuhkan Aplikasi perangkat lunak untuk tujuan diatas, yakni Crescendo  sebagai  pengolah Partitur (Musical Score). Selain sebagai pengolah partitur terdapat tambahan fitur lainnya yaitu penyunting Berkas Audio bernama Twelve Keys Music Transcription,WavePad Sound Editor, serta MixPad Mixer. Masing-masing berfungsi untuk memainkan berkas music dan merekamnya ke dalam Not Balok, memberikan effect dan Distorsi, serta melakukan Mixing dari berbagai sumber audio.

Kita bisa memilih kunci note (Clefs) dan mengatur Tempo (Time Signature). Toolbox utama berisi tombol-tombol not dari berbagai harga, mulai dari not penuh (1) dampai dengan not Sepernambelas (1/16). Nilai  serupa juga bisa ditemukan pada tombol-tombol tanda rehat (berhenti).

Saat meletakkan tanda not pada garis-garis sangkar nada, secara otomatis tiang nada akan menyesuaikan arah hadapnya. Andai ditempatkan dibawah garis ketiga, otomatis tiang nada menghadap keatas. Demikian pula sebaliknya. Pengguna juga dapat menambahkan teks, misalnya untuk judul dan keterangan nama pengarang serta menambahkan catatan-catatan khusus. Asiknya lagi tentu software ini gratis alias Freeware dapat sobat download di
: http://www.nch.com.au/notation/index.html 

Selain dapat disimpan dalam format berkas standar Crescendo, hasil penyuntingan dapat diekspor kedalam format Music XML. Untuk mencetak ke Printer pengguna tinggal meng-klik tombol print.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar